Akibat Dari Suka Makan Kaki Ayam,Apakah Ada Manfaat Kaki Ayam Ini?

Jika kalian pergi ke pasar, kalian akan menjumpai kaki ayam yang dijual dengan harga murah. Yang paling lezat lagi jika sudah dimasak sup kaki ayam atau kari. Wah jadi kepingin nak makan sup kaki ayam. Tapi, dalam kelezatan makan kaki ayam tu pernah tidak terpikir oleh kalian akan akibatnya?


Jangan panik dulu! Di sini kita berbagi untuk mengetahui khasiat dari kaki ayam tersebut. Mari kita baca dulu...

1. Kaki ayam kaya akan Kolagen
Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Fakultas Peternakan Universitas Chung-Hsing di Taiwan, terungkap bahwa kaki ayam mengandung kolagen yang sangat tinggi. Meskipun tingkat kolagen alami kaki ayam ini hampir sama dengan kolagen yang ditemukan pada sayuran hijau dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin c. Kolagen adalah salah satu bahan khusus yang diperlukan kulit tubuh untuk menjaga elastisitas kulit. Manfaat dari kolagen yang ditemukan di kaki ayam sangat banyak, antara lain adalah:

1. Kolagen menjaga kesehatan kulit dan membentuk kulit elastis untuk mendukung pergantian sel kulit mati dengan sel-sel kulit baru lebih cepat.

2. Kolagen membantu tubuh menyerap kalsium dan protein hingga menjadikan tubuh menjadi sehat.

3. Kolagen berguna untuk meningkatkan produksi sel darah merah karena bekerja dengan memperkuat struktur pembuluh darah.

4. Kolagen membantu tubuh dalam menurunkan berat badan karena dapat meningkatkan metabolisme tubuh terhadap lemak.

5. kolagen dapat membuat struktur tulang yang menjadi lebih kuat dan mencegah kerapuhan tulang.

2. Menjaga sendi dan mengurangi risiko tulang rapuh
Penyakit nyeri sendi dan tulang rapuh biasanya banyak terjadi  pada orang-orang tua. Penyebabnya adalah tubuh tidak bisa mendapatkan kalsium dan tulang sudah tidak dapat menyerap kalsium dengan benar. Tetapi dengan konsumsi kaki ayam sejak masih muda kemudian akan memberikan efek yang berbeda. Kaki ayam yang hanya terdiri dari kulit, tendon dan tulang. Kaki ayam kaya akan protein, kalsium, tulang rawan dan kolagen dapat dengan mudah diserap oleh tubuh. Gizi sangat penting untuk memperkuat struktur tulang dan dapat mencegah kerapuhan tulang ketika sudah lanjut usia.

3. Menyembuhkan luka
Nutrisi yang ditemukan di kaki ayam adalah sebagai protein dan kalsium. Kedua nutrisi ini sangat penting untuk membantu regenerasi saraf, otot dan tulang manusia. Studi yang telah dilakukan oleh seorang peneliti di Amerika Serikat menyatakan bahwa potensi gizi dapat membantu menyembuhkan cedera. Sementara cedera tulang belakang diyakini dapat segera disembuhkan dengan memakai bahan pangan yang mengandung kaki ayam.

4. Kesehatan saluran pencernaan
Kaki ayam dapat dibuat menjadi saus atau sup yang menyegarkan. Banyak bagian kaki ayam yang berisi jaringan ikat dan tulang rawan yang sangat lezat. Bahkan semua nutrisi seperti protein, kolagen, kondroitin dan glukosamin juga akan larut ketika dimasak menjadi sup. Manfaat dari utrisi ini juga sangat baik untuk membuat pencernaan menjadi lebih sehat. Efek gizi ini juga sangat penting untuk membuat usus menjadi lebih lembut sehingga membuat saluran pencernaan menjadi sehat.

5. Merawat kesehatan kuku
Kaki ayam matang akan menghasilkan beberapa nutrisi yang penting bagi tubuh. Minyak esensial atau semacam hidangan lainnya dari kaki ayam dapat menghasilkan asam amino, kolagen, glisin, hidroksipolin, prolin dan yang dapat membantu kuku sehat. Kaki ayam matang biasanya akan mengeluarkan cairan atau gel yang banyak mengandung gelatin. Nutrisi membantu tubuh dalam manipulasi kalsium dan diserap oleh kuku.

6. Menyehatkan gusi
Gusi adalah jaringan kuat yang digunakan untuk mendukung gigi. Beberapa jenis penyakit gusi banyak terjadi karena masalah kesehatan gigi yang buruk. Tetapi masalah ini juga bisa ditimbulkan dari dalam tubuh. Kurangnya vitamin dan beberapa nutrisi lain juga akan membuat masalah gusi. Kaki ayam adalah makanan yang banyak mengandung gizi. Ada jaringan ikat dan tulang rawan yang dapat berubah menjadi gel karena mengandung kolagen, asam amino, dan beberapa bahan pembentuk gelatin. Itulah sebabnya segala sesuatu akan meningkatkan kondisi kesehatan gusi.

7. Meningkatkan sistem imun
Kaki ayam terkenal dengan banyak gizi sangat penting seperti bahan-bahan pembentuk kolagen atau gelatin. Selain itu tampaknya kaki ayam juga mengandung berbagai mineral seperti seng, tembaga, magnesium, kalsium dan fosfor. Semua mineral ini yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun kesehatan dan mengatasi berbagai penyakit. Dengan asupan kaki ayam ini juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

8. Membentuk probiotik alami
Kaki ayam yang banyak mengandung kolagen dan berbagai mineral lainnya ternyata juga dapat membentuk probiotik alami. Gelatin ditemukan di banyak cairan dari kaki ayam muncul dalam mengembangkan probiotik alami. Probiotik akan membuat tubuh mampu membentuk kekebalan alami, masalah saluran pencernaan dan usus yang sehat.

9. Menyeimbangkan hormon tubuh
Kaki ayam juga memproduksi beberapa jenis asam amino untuk tubuh. Salah satu jenis asam amino yang dilepaskan dari arginin adalah kaki. Ini adalah jenis asam amino yang bermanfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah untuk membantu tubuh melepaskan hormon yang menyebabkan perasaan depresi dan stres. Bahkan  penting untuk menghasilkan hormon reproduksi baik untuk pria dan wanita.

10. Untuk mencegah kerusakan jaringan tubuh
Manfaat dari kaki ayam adalah untuk menjaga kerusakan jaringan tubuh. Memiliki rangkaian tubuh yang kuat dan memang sangat penting untuk kesehatan. Rangkaian yang diperlukan untuk otot, tulang, dan berbagai organ tubuh seperti hati, kandung empedu dan organ lain. Kaki ayam matang akan menghasilkan asam amino kelompok glisin. Tujuan penting Glisin untuk memperkuat penghubung tubuh, kesehatan organ tubuh akan membantu tubuh menghilangkan racun-racun tubuh dan juga meningkatkan kualitas saraf untuk meningkatkan rasa kenyamanan saat tidur.

Tips memasak kaki ayam

Kaki ayam memang terbukti mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk membangun tubuh yang sehat. Kaki ayam juga dapat membantu memulihkan stamina karena kelelahan, sakit, atau pemulihan setelah operasi, memulihkan keadaan usus yang bermasalah dan mengatasi alergi pada beberapa makanan.

Tapi memasak kaki ayam tidak boleh sembarangan. Berikut ini adalah beberapa tips untuk memasak kaki ayam dan menghilangkan semua potensi bakteri.

  • Ambil bagian kaki ayam, potong pada bagian paha paling bawah hingga benar-benar kaki ayam.
  • Cuci dengan air bersih yang mengalir sampai semua kotoran dapat keluar. Jika kaki ayam beli dari pedagang jangan langsung  dimasak tapi cuci lagi.
  • Memotong semua bagian kuku kaki ayam untuk menghilangkan bagian kaki yang terlihat kotor dan menjijikkan.
  • Sup kaki ayam dengan air panas selama beberapa menit.
  • Tiriskan dan bersihkan lapisan kulit pada kaki ayam yang keras. Lapisan kulit kuning harus dibersihkan untuk mengurangi potensi bakteri dan kotoran yang ditinggalkan di kaki ayam.
  • Rebus lagi kaki ayam dan masak sesuai dengan selera kalian.
  • Selalu menggunakan kaki ayam yang masih segar dan baru dipotong dan jangan memasak kaki ayam yang sudah disimpan selama lebih dari 48 jam di dalam lemari es.

Manfaat kaki ayam memang cukup banyak, namun pastikan kalian memasaknya dengan cara yang benar. Karena kaki ayam harus di cuci dengan bersih sehingga tidak menimbulkan bakteri yang berbahaya untuk kesehatan.

Kalo sudah baca...komeng yo! Kalo tidak koyo ngiseng ra cewok...komen sitik wae lah...
LIKE & SHARE

0 Response to "Akibat Dari Suka Makan Kaki Ayam,Apakah Ada Manfaat Kaki Ayam Ini?"

Post a Comment